Loading

About

SMK NEGERI 1 KAWALI


SMK Negeri 1 Kawali adalah sebuah lembaga pendidikan yang berada di lingkungan Dinas pendidikan Kabupaten Ciamis dengan konsentrasi Pengembangan Pendidikan Kejuruan.

SMK Negeri 1 Kawali pada awalnya merupakan pengembangan program plus keterampilan (vokasional) dari SMA Negeri 1 Kawali yang diterapkan seiring program BBE Life Skil yang dijalankan di SMK Negeri 2 Ciamis.

Pada perkembangan selanjutnya Departemen Pendidikan Nasional sedang mengadakan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan sehingga program plus keterampilan di SMA Negeri 1 Kawali dialihkan menjadi rintisan SMK Kawali dengan status SMK Kecil.

SMK Negeri 1 Kawali mulai berdiri pada tahun 2003, pada awalnya dikembangkan berdasarkan animo masyarakat yang didukung oleh tokoh pendidikan, alim ulama dan tokoh masyarakat, bertempat di SMA Negeri 1 Kawali yang bekerjasama dengan Induk SMK Negeri 2 Ciamis membuka kelas SMK Kecil Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif. Pendirian SMK ini tergambar dengan ketersediaan SMA Negeri 1 Kawali menyediakan lahan 2 ha dari total 7,5 ha lahan milik SMA Negeri 1 Kawali.

Dalam pengembangannya dibarengi dengan Surat Direktur Menengah Kejuruan No. 2312/C5.5/LL/2003 Tentang Undangan Workshop Pendirian Unit Sekolah Baru (USB) SMK 2004 untuk kabupaten Ciamis, maka disusunlah Proposal Pendirian Unit Sekolah Baru / SMK Kawali dengan lokasi Dusun Pogorsari Rt 03 / Rw 05 Jalan Poronggol Raya No. 9 Desa. Kawalimukti Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Pada tahun pelajaran 2003 / 2004 SMK Kawali dengan status SMK Kecil menerima 1 Kelas Jurusan Teknik Mekanik Otomotif dengan Jumlah siswa yang diterima 21 orang untuk pelaksanaan kegiatan praktik masih bekerjasama dan dilaksanakan di Induk SMK Negeri 2 Ciamis .

Pada tahun pelajaran 2004 / 2005 seiring dengan kucuran dana pembangunan dari pemerintah pusat maka SMK Kawali mengalami perkembangan bangunan yaitu memiliki Bangunan Kelas dan Kantor akan tetapi masih menerima 1 Kelas dengan jumlah siswa yang diterima 40 orang. Untuk kegiatan praktik pada tahun ini sudah dilaksanakan di sekolah sendir, pada tahun ini kepemimpinan sekolah masih dipegang oleh Kepala SMA Negeri 1 Kawali.Status SMK Kawali pada tahun pelajaran ini berubah nama menjadi SMK Negeri 1 Kawali .

Tahun pelajaran 2005 / 2006 seiring dengan animo masyarakat dan ketersediaan sarana bangunan baru yang pengerjaannya hampir selesai. Disertai peluang potensi daerah yang ada maka SMK Negeri 1 Kawali menerima 3 kelas teknik mekanik otomotif dengan jumlah siswa 113 orang dan membuka Jurusan baru yaitu Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan dengan jumlah siswa 37 sehingga pada tahun ini jumlah siswa kelas baru berjumlah 150 orang dan Teknik Budidaya Ternak yang pada perkembanganya di merger kembali menjadi 2 Jurusan. Pada tahun 2005 mulai tanggal 4 Februari 2005 ditetapkan Pelaksana harian Kepala Sekolah yaitu Drs. H. Cacah Cahyana(2005) yang kemudian Pada 10 Oktober 2005 diangkat menjadi Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kawali. dilanjutkan oleh Ibu Dra. Hj. Ika Karniati Sardi, MM.Pd. (2010) kemudian Kepala sekolah yang menjabat saat ini adalah Drs. H. Hadi Sumantoro, M.Pd.

Perkembangan SMK Negeri 1 Kawali saat ini dengan data siswa tercatat saat ini adalah 1528 peserta didik 45 Rombongan Belajar 7 Jurusan.